TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints81856 UR - http://digilib.unila.ac.id/81856/ A1 - Wulan , Agustin Fauziah Y1 - 2024/06/24/ N2 - Masalah pada penelitian ini adalah persepsi perilaku berpacaran negatif pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan self esteem terhadap persepsi perilaku berpacaran pada mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan Angkatan 2020 FKIP Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 418 mahasiswa dengan sampel sebanyak 82 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua, skala self esteem, dan skala persepsi perilaku berpacaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) terhadap persepsi perilaku berpacaran (Y) dengan nilai p = 0,003 (p < 0,05), thitung > ttabel = -3,044 > 1,990. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara self esteem (X2) terhadap persepsi perilaku berpacaran (Y) dengan nilai p = 0,153 (p > 0,05), thitung < ttabel = 0,780 < 1,990. Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua (X1) dan self esteem (X2) terhadap persepsi perilaku berpacaran (Y) dengan nilai p = 0,008 (p < 0,05), Fhitung > Ftabel = 5,159 > 3,111. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dan self esteem terhadap persepsi perilaku berpacaran pada mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan Angkatan 2020 FKIP Universitas Lampung dengan jenis pola asuh dominan demokratis, self esteem kategori sedang, dan persepsinya positif terhadap perilaku berpacaran sebanyak 53 mahasiswa dengan persentase sebesar 64,63%. Kata kunci : pola asuh orang tua, self esteem, persepsi perilaku berpacaran. The problem in this research is the perception of negative dating behavior among students. This research aims to determine the influence of parenting patterns and self-esteem on perceptions of dating behavior among students majoring in Education Science, Class of 2020, FKIP, University of Lampung. The research method used is a quantitative approach with a correlational type. The population in this study was 418 students with a sample of 82 students selected using random sampling techniques. Data were collected using a parenting style scale, a self- esteem scale, and a dating behavior perception scale. The data analysis technique in this research uses multiple linear regression. The results of the research show that there is a significant influence between parental parenting patterns (X1) on perceptions of dating behavior (Y) with a value of p = 0.003 (p < 0.05), tcount > ttable = -3.044 > 1.990. There is no significant influence between self-esteem (X2) on perceptions of dating behavior (Y) with a value of p = 0.153 (p > 0.05), tcount < ttable = 0.780 < 1.990. There is a joint significant influence between parenting style (X1) and self-esteem (X2) on perceptions of dating behavior (Y) with a value of p = 0.008 (p < 0.05), Fcount > Ftable = 5.159 > 3.111. The conclusion of this research is that there is a significant positive influence between parental parenting style and self-esteem on the perception of dating behavior among students majoring in Education Science, Class of 2020, FKIP, Lampung University with a dominant type of democratic parenting style, self-esteem in the medium category, and a positive perception of dating behavior as much as 53 students with a percentage of 64.63%. Keywords : parenting style, self-esteem, perception of dating behavior. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN SELF ESTEEM TERHADAP PERSEPSI PERILAKU BERPACARAN PADA MAHASISWA AV - restricted ER -