?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN%0D%0AVIDEO+ANIMASI+TERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN%0D%0A%0D%0AMASALAH+MATEMATIS+SISWA%0D%0A%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+1+Putra+Rumbia+Semester+Genap%0D%0A%0D%0ATahun+Pelajaran+2023%2F2024)&rft.creator=I+Made+%2C+Merta&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+problem+based+learning%0D%0Aberbantuan+video+animasi+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis%0D%0Asiswa.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+1%0D%0APutra+Rumbia+semester+genap+tahun+pelajaran+2023%2F2024%2C+yang+terdistribusi+dalam%0D%0Alima+kelas.+Sampel+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VIII+A+sebanyak+30+siswa%0D%0Asebagai+kelas+eksperimen+dan+siswa+kelas+VIII+E+sebanyak+30+siswa+sebagai+kelas%0D%0Akontrol%2C+yang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling.+Desain+penelitian%0D%0Ayang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data+penelitian+ini%0D%0Aberupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+instrumen+tes+kemampuan+pemecahan%0D%0Amasalah+matematis+siswa.+Berdasarkan+hasil+uji+hipotesis+menggunakan+uji-t%0D%0Adengan+%CE%B1+%3D+0%2C05+diperoleh+bahwa+rata-rata+data+gain+kemampuan+pemecahan%0D%0Amasalah+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+problem+based+learning%0D%0Aberbantuan+video+animasi+lebih+tinggi+daripada+rata-rata+data+gain+kemampuan%0D%0Apemecahan+masalah+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+konvensional.+Dengan%0D%0Ademikian+dapat+disimpulkan+bahwa+penerapan+model+problem+based+learning%0D%0Aberbantuan+video+animasi+berpengaruh+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah%0D%0Amatematis+siswa.%0D%0AKata+Kunci%3A+Model+problem+based+learning%2C+video+animasi%2C+kemampuan%0D%0A%0D%0Apemecahan+masalah.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2024-08-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81866%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Made%2520Merta.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81866%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520-%2520Made%2520Merta.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81866%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-%2520Made%2520Merta%2520%25281%2529.pdf&rft.identifier=++I+Made+%2C+Merta++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+VIDEO+ANIMASI+TERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+1+Putra+Rumbia+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81866%2F