%A Merta I Made %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Putra Rumbia Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Putra Rumbia semester genap tahun pelajaran 2023/2024, yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan ? = 0,05 diperoleh bahwa rata-rata data gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model problem based learning berbantuan video animasi lebih tinggi daripada rata-rata data gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model problem based learning, video animasi, kemampuan pemecahan masalah. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81866