@misc{eprints81872, month = {Agustus}, title = {ANALISIS CLASSROOM DISCOURSE DALAM AKTIVITAS PROBLEM SOLVING (Penelitian Evaluasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)}, author = {NUR LUTFIYYAH ZARIYATAN INDAH NABILLA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81872/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan classroom discourse dalam aktivitas problem solving. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII A SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Subjek tersebut dikelompokkan dalam kelompok siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, rendah, dan campuran dengan masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang classroom discourse yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa: (1) Bentuk classroom discourse yang dominan dimunculkan subjek adalah predicting or conjecturing, making a statement or sharing, relating, explaining, questioning, dan answering, (2) Classroom discourse lebih banyak muncul pada dua langkah problem solving yaitu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, dan (3) Kelompok yang dominan memunculkan classroom discourse adalah kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi, kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis sedang, dan kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis campuran. Kata Kunci: bentuk discourse, classroom discourse, problem solving} }