<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023"^^ . "Perkembangan budaya Jepang di Indonesia setelah diadopsinya diplomasi publik\r\nsebagai kebijakan dan dan Cool Japan sebagai konsep strategi memberikan keuntungan\r\nbagi Jepang. Adanya pemusatan kepentingan dikawasan Asia Tenggara, termasuk\r\nIndonesia diharapkan memberikan keuntungan lebih, dimana bagi Indonesia, Jepang\r\nmerupakan investor terbesar dan mitra strategis. Namun pada kenyataanya, negara-negara\r\ndidunia termasuk Indonesia dan Jepang dengan adanya penyebaran Covid-19 telah\r\nmenimbulkan pembatasan terhadap aktivitas diplomatik negara-negara di seluruh dunia,\r\ntermasuk Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cool Japan strategy dan\r\nmenganalisis bagaimana penerapan strategi cool Japan dalam diplomasi publik Jepang di\r\nIndonesia pada bidang jasa.\r\nPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa\r\ndeskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan studi\r\ndokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan\r\nHuberman, dengan 3 tahapan, yaitu tahap kondensasi data, tahap penyajian data, serta\r\ntahap kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis\r\nbagaimana penerapan strategi cool japan dalam diplomasi publik di Indonesia pada tahun\r\n2020 sampai 2023 khususnya di bidang industri kreatif pada masa dan pasca pandemi,\r\nyang dianalisis dengan menggunakan konsep budaya populer dan 3 elemen teori\r\ndiplomasi publik milik Mark Leonard dkk, seperti news management, strategic\r\ncommunication, dan relationship building.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Jepang telah melakukan beberapa\r\nupaya, melalui news management dengan memaksimalkan media online, terutama dimasa\r\npandemi melalui media sosial, dan media massa, dimana optimalisasi dari media online\r\nsemakin pesat pada masa pandemi dan pasca. Melalui strategic management, Jepang\r\nmengupayakan penerapan agenda seperti festival, konferensi, dan pemaksimalan melalui\r\ngrup idol dengan mempertimbangkan pada pelaksanaan penerapan hybrid dan penerapan\r\nberbeda dari sebelumnya. Adapun hasil analisis melalui relationship building,\r\nmenunjukkan bahwa MOFA telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan\r\npertukaran penduduk maupun pelajar, pertukaran intelektual, seperti program JET, dan\r\nJENESYS, serta upaya dalam investai dan pengembangan usaha melalui JETRO. Upaya\r\ntersebut dilakukan Jepang guna memperluas lingkaran orang-orang yang memiliki\r\nketertarikan besar terhadap atau pengetahuan tentang Jepang, serta mempererat hubungan\r\nkedua negara.\r\nKata Kunci : Cool Japan, Penerapan Strategi, Diplomasi Publik, Budaya\r\n\r\nPopuler.\r\nThe development of Japanese culture in Indonesia after the adoption of public\r\ndiplomacy as a policy and Cool Japan as a strategy concept provides benefits for Japan.\r\nThe concentration of interests in the Southeast Asian region, including Indonesia, is\r\nexpected to provide more benefits, where for Indonesia, Japan is the largest investor and\r\nstrategic partner. But in reality, countries in the world including Indonesia and Japan with\r\nthe spread of Covid-19 have caused restrictions on the diplomatic activities of countries\r\naround the world, including Japan. This research aims to analyse the cool Japan strategy\r\nand analyse how the implementation of the cool Japan strategy in Japan's public\r\ndiplomacy in Indonesia in the service sector. This research uses qualitative research\r\nmethods with descriptive analysis, using data collection techniques of literature study and\r\ndocumentation study. Researchers also used data analysis techniques according to Miles\r\nand Huberman, with 3 stages, namely the data condensation stage, the data presentation\r\nstage, and the conclusion and verification stage. This research describes and analyses how\r\nthe implementation of the cool japan strategy in public diplomacy in Indonesia from 2020\r\nto 2023, especially in the creative industry during and after the pandemic, which is\r\nanalysed using pop culture concept and 3 elements of Mark Leonard et al's public\r\ndiplomacy theory, such as news management, strategic communication, and relationship\r\nbuilding. The results of this study show that Japan has made several efforts through news\r\nmanagement by maximising online media, especially during the pandemic through social\r\nmedia, and mass media, where the optimisation of online media is increasing rapidly\r\nduring the pandemic and post. Through strategic management, Japan strives to implement\r\nagendas such as festivals, conferences, and maximisation through idol groups by\r\nconsidering the implementation of hybrid applications and different from before. As for\r\nthe results of the analysis through relationship building, it shows that MOFA has made\r\nvarious efforts to promote population and student exchanges, intellectual exchanges, such\r\nas the JET, and JENESYS programmes, as well as efforts in investment and business\r\ndevelopment through JETRO. These efforts are made by Japan to expand the circle of\r\npeople who have a great interest in or knowledge of Japan, and strengthen the relationship\r\nbetween the two countries.\r\nKeywords: Cool Japan, Popular Culture, Public Diplomacy, Strategy\r\nImplementation"^^ . "2024-08-21" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK "^^ . . . . . . . "Izzul Haqie \t"^^ . "Ahmad "^^ . "Izzul Haqie \t Ahmad "^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (File PDF)"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (File PDF)"^^ . . . "Draft Ahmad Izzul Haqie_Abstrak - Izzul Haq.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (File PDF)"^^ . . . "Draft Ahmad Izzul Haqie_Tanpa Pembahasan - Izzul Haq (1).pdf"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI\r\nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #81877 \n\nPENERAPAN STRATEGI COOL JAPAN DALAM DIPLOMASI \nPUBLIK JEPANG DI INDONESIA 2020 - 2023\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . .