@misc{eprints81906, month = {Agustus}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI SDGs}, author = {Dzihni Nazhifah }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81906/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan kesadaran lingkungan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari kelas VIIA (kontrol) dan VIIC (eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakukan menggunakan model PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery. Data kemampuan literasi sains didapatkan dari hasil pretest dan posttest serta kesadaran lingkungan didapat dari hasil angket. Data literasi sains dianalisis menggunakan uji hipotesis Independent Sample T- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05 untuk angket kesadaran lingkungan peserta didik mendapatkan respon baik setelah diberikan. Rata-rata nilai N-gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen (0,53) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,23). Dengan demikian, model PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan kesadaran lingkungan peserta didik. Kata kunci: Kemampuan literasi sains, kesadaran lingkungan, pencemaran lingkungan, problem based learning, SDGs } }