TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints81909 UR - http://digilib.unila.ac.id/81909/ A1 - Miya , Fitriyanti Y1 - 2024/07/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Media pembelajaran merupakan alat dalam proses pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Perkembangan teknologi yang berkembang setiap masanya menuntut para pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian pengembangan yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini ialah angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang di uji melalui validasi ahli media, ahli materi dan angket respon siswa. Adapun presentase Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase nilai sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid tanpa revisi, validasi ahli media memperoleh persentase nilai sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid tanpa revisi, dan hasil respon siswa terhadap media pada saat dilakukan uji coba rata-rata memperoleh persentase >85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia ini dinilai sangat valid sehingga sangat layak diterapkan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran sejarah. Kata kunci: Pengembangan, Media, Interaktif, sejarah, Macromedia flash 8 This study aims to develop interactive learning media based on Macromedia Flash 8 on the material of the proclamation of Indonesian independence. Learning media is a tool in the learning process that can help teachers to make it easier to convey learning materials to students so as to facilitate the achievement of learning objectives that have been formulated. The development of technology that develops every era requires educators to develop better learning media. This study uses the R&D research method and the ADDIE development model which consists of several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaires. The development research instruments used to collect data for this study are expert validation questionnaires and student response questionnaires. The results of this development research are interactive learning media based on Macromedia Flash 8 on the material of the proclamation of Indonesian independence which are tested through validation by media experts, material experts and student response questionnaires. The percentage of the results of the validation of material experts obtained a percentage value of 94.5% with a very valid category without revision, the validation of media experts obtained a percentage value of 94.5% with a very valid category without revision, and the results of student responses to the media during the trial averaged a percentage of >85% with a very good category. Based on the results of the research data, it can be concluded that interactive learning media based on Macromedia Flash 8 on the material of the proclamation of Indonesian independence is considered very valid so that it is very feasible to be applied as a supporting media in the process of learning history. Keywords: Development, Media, Interactive, history, Macromedia flash 8 PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI SMAN 3 TULANG BAWANG TENGAH AV - restricted ER -