%A Nafilah Nida %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM PEMBELAJARAN CASE METHOD UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen assessment for learning (AfL) dalam pembelajaran case method untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika yang valid, reliabel, dan praktis digunakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (4D) yang menggunakan 4 tahap pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif memperoleh nilai sebesar 87,87% dalam kategori sangat valid. Sehingga, instrumen penilaian layak digunakan. Instrumen penilaian ini diuji cobakan pada 35 peserta didik dan hasil uji coba lapangan tersebut dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 5.6.2.0. Hasil analisis data uji coba diperoleh 13 butir indikator pengamatan instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan valid. Butir indikator pengamatan pada instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif peserta didik dinyatakan reliabel dengan nilai alpha cronbach secara berturut-turut sebesar 0,84 dengan kategori reliabilitas bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh rata-rata presentase penilaian sebesar 94,73% dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, Asessement for Learning, Kemampuan berpikir kreatif, Case Method. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81927