creators_name: Hendrawan , Dwi Cahyo creators_id: 2053053038 type: other datestamp: 2025-02-04 03:06:32 lastmod: 2025-02-04 03:06:32 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI 3 DEPOKREJO ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di SD Negeri 3 Depokrejo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh pada penggunaan bahan ajar IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SD Negeri 3 Depokrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan One Group Design. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 3 Depokrejo dengan Fhitung = 16,037 > Ftabel = 4,11. Rata-rata peningkatan pengetahuan (N-Gain) peserta didik menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,56 dengan kategori sedang dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,43 dengan kategori sedang. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,13. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata Kunci : bahan ajar, berpikir kritis, ilmu pengetahuan alam dan sosial This problem in this research is the low critical thinking skills of students in Natural and Social Sciences subjects ad SD Negeri 3 Depokrejo. The aim of this research is to describe and analyze the influence of the use of science and technology teaching materials on the critical thinking skills of the students at SD Negeri 3 Depokrejo. This type of research in quantitative research with experimental research methods. The research design uses One Group Design. The research sampling technique used purposive side. Data collection techniques using test techniques in form of pretest and posttest. The results of this research are that there is an influence of the use of science and technology materials on the critical thinking abilities of grade 5 students at SD Negeri 3 Depokrejo with Fcount 16,037 > Ftable 4,11. The average increase in knowledge (N-Gain) of students between the pretest and posttest of the experimental group was 0,56 in the medium category and the average N-Gain between the pretest and posttest of the control group was 0,43 in the medium category. The difference in N-Gain between the two groups is 0,13. This shows that the increase in learning outcomes in the experimental group was higher compared to the control group Keyword : critical thinking, natural and social sciences, teaching materials date: 2024-08-01 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Hendrawan , Dwi Cahyo (2024) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI 3 DEPOKREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81928/1/Abstrak%20Hendrawan%20Dwi%20Cahyo%20-%20Hendrawan%20Dwi%20Cahyo.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81928/3/skripsi%20cetak_Hendrawan%20Dwi%20Cahyo-1-86%20-%20Hendrawan%20Dwi%20Cahyo.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81928/2/FULL%20Skripsi%20%28Tanpa%20BAB%20Pembhasan%29_%20ARAWINDA%20OLATTA%20-%20Arawinda%20Olatta.pdf