%A Wulandari Siska %T Penguatan Karakter Kedisiplinan pada Peserta Didik Kelas Rendah di UPTD SD Negeri Waringin Jaya %X Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya ketidakpatuhan pada kedisiplinan peserta didik di kelas rendah UPTD SD Negeri Waringin Jaya seperti datang terlambat ke sekolah, mengganggu teman saat mengerjakan tugas, membuat kegaduhan di kelas saat pembelajaran berlangsung, dan tidak menggunakan atribut sekolah lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi proses penguatan karakter kedisiplinan pada peserta didik kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik dari kelas 1, 2, dan 3. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan berhasil diterapkan untuk meningkatkan disiplin sikap pada peserta didik kelas rendah. Metode ini efektif dalam mengatasi kegaduhan di kelas rendah karena peserta didik usia dini lebih mudah memahami dan mempraktikkan aturan melalui pengulangan dan rutinitas. Meskipun ketidakpatuhan pada aspek disiplin sikap masih menjadi kendala yang dominan dikelas rendah, penerapan pembiasaan secara konsisten, disertai dengan pemberian penghargaan atas perilaku positif, mampu membantu peserta didik kelas rendah mengembangkan pengendalian diri dan mematuhi aturan di dalam kelas. Kata kunci: Pendidikan, Penguatan Karakter, Kedisiplinan. The problem in this study was the high of non-compliance students' discipline in the early grades of UPTD SD Negeri Waringin Jaya such as coming late to the school, disturbing friends while doing assignment, making noise at class during learning, and did not wear complete school attributes. The study aims to find out how to implement the process of strengthening the disciplines character in early grades. The research was qualitative research by using descriptive analysis method. The data sources in this study are educators and students from grades 1,2, and 3. The data collection techniques in this study are interviews, observations, and documentation. The result of the study show that the habituation method has been successfully applied to improve attitude discipline at early-grades because early age students find it easier to understand and practice the rules through repetition and routine. Although non-compliance with the discipline aspect of attitude is still a dominant obstacle in the early-grades, the consistency of application habitation, accompanied by giving reward of positive behavior, can help early-grades students developt self-control and obey rules in the classroom. Keywords: Education, Character Strengthening, Discipline. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013053001 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81952