creators_name: Mutiara , Fadia Haya creators_id: 2013024019 type: other datestamp: 2025-02-04 07:33:18 lastmod: 2025-02-04 07:33:18 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE PREZI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap literasi sains siswa pada kelas X dan untuk mengetahui respon siswa mengenai penggunaan media pembelajaran berupa software prezi.Penelitian ini menggunakan desain non- equivalent pretest-postest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu instrument tes (untuk mengukur literasi sains) dan kualitatif yaitu berupa angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,44 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata n-gain 0,22 (rendah). Data literasi sains menganalisis menggunakan uji mann-whitney dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00>0,05 yang berarti bahwa Terdapat Pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Pada kelas eksperimen, indikator literasi yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator menggunakan bukti ilmiah dengan nilai rata-rata 0,60 (kategori sedang) dan peningkatan indikator terendah adalah indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan nilai rata-rata 0,30 (kategori sedang). Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata 71,7 (kategori baik). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL berbantu software prezi berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X. Kata Kunci: Problem Based Learning, software prezi, literasi sains, SMA date: 2024-08-19 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Mutiara , Fadia Haya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE PREZI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG . document_url: http://digilib.unila.ac.id/81989/1/ABSTRAK_PERBAIKAN%20-%20Mutiara%20Fadia.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81989/2/FULL%20SKRIPSI%20%28TANPA%20LAMPIRAN%20ISI%29_PERBAIKAN%20-%20Mutiara%20Fadia.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81989/4/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN_PERBAIKAN%20-%20Mutiara%20Fadia%20%281%29.pdf