title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA PADA PESERTA DIDIK creator: Neo , Safitri subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis masalah untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Instrumen dikembangkan melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni : (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru untuk menilai aspek konstruksi sebesar 89,58%, substansi sebesar 86,25%, dan bahasa sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen Assessment for Learning kemampuan literasi sains diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85,69% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga, instrumen Assessment for Learning ini layak digunakan. Kemudian, instrumen Assessment for Learning ini diujicobakan kepada 36 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 10 butir soal instrumen kemampuan literasi sains yang dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen Assessment for Learning kemampuan literasi sains yang dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 1.00 dengan kategori bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen Assessment for Learning ini memperoleh rata-rata skor sebesar 91,78% dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis masalah untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen Assessment for Learning, kemampuan literasi sains, pembelajaran berbasis masalah. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-04-25 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/81990/1/ABSTRAK%20NEO%20SAFITRI%20-%20Neo%20Safitri.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/81990/2/SKRIPSI%20FULL%20NEO%20SAFITRI%20FULL%20-%20Neo%20Safitri.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/81990/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20NEO%20SAFITRI%20-%20Neo%20Safitri.pdf identifier: Neo , Safitri (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA PADA PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/81990/