title: IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING creator: INDAH SINA , TYAS subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem Solving (CPS) peserta didik pada topik global warming. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pringsewu, menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Control Group. Instrument yang digunakan adalah soal tes uraian. Pembelajaran menggunakan model PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking mampu meningkatkan kemampuan CPS peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,44 dengan kategori sedang lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa kemampuan CPS peserta didik mempunyai perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan data hasil uji Independent Sample T- Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan creative problem solving peserta didik pada topik global warming. Kata kunci : PBL, STEM, Design Thinking, kemampuan Creative Problem Solving (CPS) publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-04-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82008/1/Abstrak%20-%20Indah%20Sina%20Tyas.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82008/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20Indah%20Sina%20Tyas.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82008/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Indah%20Sina%20Tyas.pdf identifier: INDAH SINA , TYAS (2024) IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/82008/