@misc{eprints82010, month = {Juni}, title = {ANALISIS STRATEGI BISNIS BERDASARKAN PENDEKATAN TERINTEGRASI SWOT DAN BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS PT ADI SARANA ARMADA KOTA BANDAR LAMPUNG)}, author = { Ika Permata Putri Arviza}, address = {UNIVERISTAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82010/}, abstract = {Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis perusahaan PT ASSA Rent Lampung berdasarkan empat perspektif balance scorecard. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu dengan metode kualitatif untuk pengumpulan data dan metode kuantitatif dalam melakukan pengolahan data. Pengumpulan data dilakukan pada bulan September 2023 hingga Desember 2023 secara wawancara dan observasi. Responden pada penelitian ini ada 3 yaitu kepala cabang, kepala departemen pemasaran, dan kepala departemen keuangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perspektif keuangan merupakan komponen yang paling berpengaruh untuk meningkatkan Revenue perusahaan, komponen pelanggan untuk meningkatkan penjualan, perspektif bisnis internal untuk mengembangkan proses bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pengembangan untuk melakukan pengembangan baik bagi perusahaan maupun karyawan. faktor internal dan eksternal perusahaan dinilai dari skor yang didapat dan menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada sel II yang merupakan kondisi grow and build menunjukan bahwa perusahaan membutuhkan strategi intensif dan integratif berupa penetrasi pasar. Kata Kunci: Perspektif balanced scorecard, Analisis SWOT, Strategi Bisnis ABSTRACT ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGY BASED ON INTEGRATED SWOT AND BALANCED SCORECARD APPROACH (CASE STUDY OF PT ADI SARANA ARMADA IN BANDAR LAMPUNG CITY) By: Arviza Ika Permata Putri The objective of this research is to identify the internal and external factors influencing the business of PT ASSA Rent Lampung based on the four perspectives of the balanced scorecard. This study employs a mixed-method approach, utilizing qualitative methods for data collection and quantitative methods for data processing. Data collection was conducted from September 2023 to December 2023 through interviews and observations. The respondents in this study included three key individuals: the branch manager, the head of the marketing department, and the head of the finance department. The results of this study indicate that the financial perspective is the most influential component for increasing the company's revenue, the customer component is crucial for boosting sales, the internal business perspective is essential for developing business processes, and the learning and growth perspective is vital for fostering development for both the company and its employees. The internal and external factors of the company were evaluated based on the scores obtained, revealing that the company's position is in cell II, indicating a grow and build condition. This suggests that the company requires intensive and integrative strategies, such as market penetration. Keywords: Balanced Scorecard perspective, SWOT analysis, Business Strategy} }