<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Authentic Assessment\r\nkemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hukum newton tentang gerak\r\nberbasis problem based learning (PBL) yang valid, reliabel, dan praktis untuk\r\ndigunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan\r\nyang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop;\r\n(4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk\r\nmenilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli\r\ninstrumen observasi Authentic Assessment kemampuan berpikir kritis diperoleh\r\nsebesar 82,48% dalam kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil validasi ahli\r\ndari instrumen presentasi Authentic Assessment kemampuan berpikir kritis\r\ndiperoleh hasil sebesar 84,00% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu,\r\ninstrumen penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik ini\r\ndiujicobakan kepada 35 peserta didik dan selanjutnya dianalisis menggunakan\r\nmodel Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.4.1. Berdasarkan hasil analisis\r\ndata uji coba diperoleh sebanyak 12 butir indikator pengamatan instrumen\r\nobservasi dan 5 butir indikator pengamatan penilaian presentasi kemampuan\r\nberpikir kritis dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen penilaian kemampuan\r\nberpikir kritis peserta didik dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbach\r\nsebesar 0,81 dengan kategori bagus sekali untuk instrumen observasi dan 0,73\r\nuntuk instrumen penilaian presentasi dengan kategori cukup bagus. Uji kepraktisan\r\ninstrumen penilaian ini memperoleh rata- rata skor sebesar 95,16% dengan kriteria\r\nsangat praktis. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah\r\nmemenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis.\r\nKata kunci: Authentic Assessment, Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir\r\nKritis, PBL."^^ . "2024-04-25" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "Septianna"^^ . "Erna Wahyu "^^ . "Septianna Erna Wahyu "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK_ERNA - Erna WS.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (File PDF)"^^ . . . "Skripsi_Tanpa Pembahasan - Erna WS.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK\r\nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK\r\nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI\r\nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #82013 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK \nMENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK \nPADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI \nHUKUM NEWTON TENTANG GERAK\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .