%A Husnussuroya Alma Aulia %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis OBAK pada materi sistem ekskresi manusia dan mengetahui kelayakan LKPD serta mengetahui efektivitas LKPD dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 8 Metro. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII B berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kelayakan LKPD dari ahli media sebesar 89,26% dengan kriteria ?Sangat Layak?, ahli materi sebesar 89,25% dengan kriteria ?Sangat Layak?, ahli bahasa sebesar 90,95% dengan kriteria ?Sangat Layak?, dan ahli praktisi sebesar 94,48% kriteria ?Sangat Layak?. Kemudian produk diuji coba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 97,4% kriteria ?Sangat Layak?, uji coba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 95,8% dengan kriteria ?Sangat Layak?, dan dari hasil nilai pretest-postest pada kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis OBAK mendapat skor nilai n-gain sebesar 0,55 kriteria ?sedang? serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 1,8 dengan kategori besar. Dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U dan perhitungan effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan LKPD berbasis OBAK terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Oleh karena itu, LKPD berbasis OBAK pada materi sistem ekskresi manusia yang telah dikembangkan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas VIII SMP sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Model OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, Komunikasi), Sistem Ekskresi Manusia, Kemampuan Literasi Sains. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013024045 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82070