TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82082 UR - http://digilib.unila.ac.id/82082/ A1 - Fitrya , Dwi Rahmadhani Y1 - 2024/08/08/ N2 - Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Jatimulyo yang diduga disebabkan oleh pembelajaran masih berpusat pada pendidik, dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control grupdesign. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 orang peserta didik dengan sampel 49 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah tenik non probability sampling dengan jenis teknik sampling purposive. Teknik pengambilan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunaka uji regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPAS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehingga model pembelajaran talking stick dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : berpikir kritis, IPAS, talking stick. The problem in this study was the lack of critical thinking ability of the fourth grande IPAS class SDN 1 Jatimulyo's student. It is caused by learning is still centered on educators and the model of learning used is less varied. This study aims to identify the impact and difference in using a talking stick learning model on the IPAS student's critical ability. The method used in this study is an experiment with the design of the non-invasive design group. The population in this study is 76 students students with 49 samples. Sample retrieval techniques used is a nonsampling sampling techniques, a purposive sampling technique. Data retrieval techniques are through tests, observation, and documentation. The data was analyzed using simple regression tests and T test. The results of the study suggest that a talking stick learning model has an impact on critical thinking ability and that there is a critical thinking ability difference between experimental classes and control classes. The experimental class that uses talking stick learning models has higher critical thinking ability than the control class, so the talking stick learning model can be used as an alternate learning model to improve the critical thinking ability of students. Keyword : critical thinking, IPAS, talking stick PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -