TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82088 UR - http://digilib.unila.ac.id/82088/ A1 - SABRI , RAMADHANI Y1 - 2024/06/13/ N2 - Pada tahap pendidikan profesi dokter, mahasiswa menangani kasus nyatadan menerapkan ilmu preklinik melalui analisis, evaluasi, dan implementasi sambil mengoptimalkan waktu untuk mencapai kompetensi yang harus dicapai. Manajemen waktu adalah pendekatan untuk mengoptimalkan waktu agar lebihefektif, tetapi banyak individu, termasuk mahasiswa profesi dokter, masihmenggunakan metode manual seperti pencatatan di kertas yang kurang efisiendalam menjalankan aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkansebuah aplikasi To-Do List berbasis gamifikasi. Gamifikasi mengacu padapenerapan elemen game untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalamkonteks non-game, yang berguna memotivasi mahasiswa profesi dokter agar selalu produktif dalam menjalani aktivitas selama tahap pendidikan profesi dokter. Aplikasi ini memungkinkan mahasiswa profesi dokter mengelola tugas denganlebih efisien dan memungkinkan dokter pembimbing memberikan dan memantautugas kepada mahasiswa berdasarkan stase. Selain fitur tugas dan stase, aspekgamifikasi seperti level, koin, peringkat, dan pencapaian, yang dapat mendukungaplikasi. Aplikasi To-Do List berbasis gamifikasi ini dikembangkan menggunakanframework Laravel dan framework Flutter dengan metode pengembanganScrumban. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode Unit Testing, Black Box Testing dan Usability Testing. Pengujian menggunakan metode Unit Testing pada VS Code dengan 9 skenario dan Black Box Testing dengan54skenario menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan kebutuhanfungsional dan non-fungsional yang telah ditetapkan. Pengujian Usability Testingmenggunakan UEQ pada lima dari enam skala memiliki nilai rata-rata beradadi atas 1.25 yang mengindikasikan bahwa hasilnya masuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Pendidikan Profesi Dokter, To-Do List, Gamifikasi, Flutter, Laravel, Scrumban, Black Box Testing ABSTRACT DESIGN OF A GAMIFICATION-BASED TO-DO LIST APPLICATIONFORMEDICAL PROFESSIONAL EDUCATION STUDENTS By SABRI RAMADHANI During the stage of medical professional education, students handle real cases and apply preclinical knowledge through analysis, evaluation, andimplementation while optimizing time to achieve the required competencies. Timemanagement is an approach to optimizing time more ef ectively, but manyindividuals, including medical professional education students, still use manual methods such as paper note-taking, which are less ef icient for conductingactivities. This research aims to develop a gamification-based To-DoList application. Gamification refers to the application of game elements to enhanceuser experience in a non-game context, which helps motivate medical professional education students to remain productive during their professional educationstage. This application allows medical professional education students to manage tasksmore ef iciently and enables supervising doctors to assign and monitor tasks forstudents based on their rotations. In addition to task and rotation features, gamification aspects such as levels, coins, rankings, and achievements cansupport the application. The gamification-based To-Do List applicationisdeveloped using the Laravel framework and Flutter framework with the Scrumbandevelopment method. Application testing is conducted using Unit Testing, BlackBox Testing, and Usability Testing methods. Testing using Unit Testing onVSCode with 9 scenarios and Black Box Testing with 54 scenarios shows that theapplication operates according to the established functional and non-functional requirements. Usability Testing using UEQ on five of six scales shows an averagescore above 1.25, indicating that the results fall into the good category. Keywords: Medical Professional Education, To-Do List, Gamification, Flutter, Laravel, Scrumban, Black Box Testing PB - FAKULTAS TEKNIK TI - PERANCANGAN APLIKASI TO-DO LIST PADA MAHASISWAPENDIDIKAN PROFESI DOKTER BERBASIS GAMIFIKASI AV - restricted ER -