<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA)"^^ . "Fenomena konten kreatif di Indonesia menunjukkan perkembangan\r\nbersamaan dengan semakin majunya teknologi. Berkembangnya Virtual Youtuber\r\nHololive di Indonesia menunjukkan bahwa teknologi dapat dimanfaatkan sebagai\r\nagen diplomasi budaya Indonesia-Jepang. Pada platform ini ide-ide kreatif\r\ndikembangkan bukan hanya dalam lingkup domestik Jepang namun juga sebagai\r\npenyebaran kebudayaan Jepang ke Indonesia sebagai wujud pengembangan\r\nkonten .\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran HololiveID sebagai agen\r\ndiplomasi budaya Jepang di Indonesia dengan menggunakan metode kualitatif\r\ndeskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan analisis konten.\r\nTeori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah diplomasi budaya,\r\nbudaya populer dan digitalisasi budaya yang dilihat dari empat aspek, yaitu\r\naksesibilitas, interaksi dan partisipasi pengguna, transformasi dan adaptasi budaya,\r\nkomersialisasi dan monetisasi.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukan bahwa HololiveID berperan sebagai\r\npenghubung antara budaya populer Jepang dan masyarakat Indonesia melalui\r\nproses digitalisasi selama periode 2016-2023.\r\nKata kunci: virtual youtuber, Hololive, diplomasi budaya, digitalisasi budaya\r\nABSTRACT\r\nJAPANESE CULTURAL DIPLOMACY IN INDONESIA THROUGH\r\nDIGITAL MEDIA\r\n(CASE STUDY: HOLOLIVE INDONESIA)\r\nBy\r\nDEWINTA AMELIA AS\r\nThe creative content phenomenon in Indonesia shows development along\r\nwith increasingly advanced technology. The development of Virtual YouTuber\r\nHololive in Indonesia shows that technology can be used as an agent for\r\nIndonesian- Japanese cultural diplomacy. On this platform, creative ideas are\r\ndeveloped not only within the Japanese domestic sphere, but also spread Japanese\r\nculture to Indonesiaas a form of inclusive content development.\r\nThis research aims to analyze the role of HololiveID as an agent for\r\nJapanese cultural diplomacy in Indonesia. This research uses descriptive qualitative\r\nmethods. Data collection was carried out through observation and content analysis.\r\nThe theories and concepts used in this research are cultural diplomacy, popular\r\nculture and cultural digitalization seen from four aspects, namely accessibility, user\r\ninteraction and participation, cultural transformation and adaptation,\r\ncommercialization and monetization.\r\nThe study reveals that HololiveID spread Japanese popular culture with\r\nIndonesian society via digitalization. It serves as a key player in Japanese cultural\r\ndiplomacy in Indonesia from 2016 to 2023 through digital platforms.\r\nKeywords: virtual YouTuber, Hololive, cultural diplomacy, cultural digitalization"^^ . "2024-06-14" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "AMELIA AS"^^ . "DEWINTA "^^ . "AMELIA AS DEWINTA "^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - DEWINTA AMELIA AS.pdf"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (File PDF)"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DEWINTA AMELIA AS.pdf"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA\r\nDIGITAL\r\n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #82118 \n\nDIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI MEDIA \nDIGITAL \n(STUDI KASUS : HOLOLIVE INDONESIA)\n\n" . "text/html" . . . "320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)" . . . "321 Sistem pemerintahan dan sistem negara" . .