creators_name: IVENA , CLEARESTA WIDODO creators_id: 2013031055 type: other datestamp: 2025-02-05 04:30:52 lastmod: 2025-02-05 04:30:52 metadata_visibility: show title: PENGARUH GAYA BELAJAR, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA IPS KELAS XII TAHUN AJARAN SEMESTER GENAP 2023/2024 DI SMAN 1 PRINGSEWU ispublished: pub subjects: 330 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, pemanfaatan sumber belajar digital, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa IPS kelas XII tahun ajaran semester genap 2023/2024 di SMAN 1 Pringsewu. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XII tahun ajaran semester genap 2023/2024 di SMAN 1 PRINGSEWU. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 96 siswa dengan teknik pengambilan non-probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda dan diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar, pemanfaatan sumber belajar digital, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa IPS kelas XII tahun ajaran semester genap 2023/2024 di SMAN 1 Pringsewu dengan nilai Fhitunng > Ftabel atau 67,027 > 2,70 dan signifikansi (sig.) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar Digital. This research aims to determine the influence of learning style, use of digital learning resources, and learning motivation on the economic learning outcomes of class The method in this research uses descriptive-verification with an ex post facto and survey approach. The population in this study were class XII social studies students in the 2023/2024 even semester academic year at SMAN 1 PRINGSEWU. The total sample in this study was 96 students with a non-probability sampling technique using saturated sampling. Data collection in this research used observation, questionnaires, and documentation. The analysis used is Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression and is processed using the SPSS application. The results of this research show that there is an influence of learning style, use of digital learning resources, and learning motivation on the economic learning outcomes of class (sig.) < 0.05 or 0.000 < 0.05. Key Words: Learning Style, Learning Outcomes, Learning Motivation, Utilization of Digital Learning Resources. date: 2024-08-06 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: IVENA , CLEARESTA WIDODO (2024) PENGARUH GAYA BELAJAR, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA IPS KELAS XII TAHUN AJARAN SEMESTER GENAP 2023/2024 DI SMAN 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82122/1/FILE%20ABSTRAK%20IVENA%20-%20IVENA%20CLEARESTA%20WIDODO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82122/2/FULL%20SKRIPSI%20IVENA%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20IVENA%20CLEARESTA%20WIDODO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82122/3/FULL%20SKRIPSI%20IVENA%20TANPA%20LAMPIRAN%20DAN%20PEMBAHASAN%20-%20IVENA%20CLEARESTA%20WIDODO.pdf