title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP PENGUATAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG creator: Marini , Eva Permata subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah guna mengetahui pengaruh model pembelajaran moral reasoning terhadap penguatan self control peserta didik di SMAN 15 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 15 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yakni dengan menggunakan teknik observasi dan angket bagi peserta didik yang berupa penilaian antar teman dan penilaian diri peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independent Sample t-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran moral reasoning terhadap penguatan self control peserta didik di SMA N 15 Bandar Lampung secara signifikan dengan indikator variabel independent (X) yaitu: mampu menyelesaikan masalah, aktif, kolaboratif, rendahnya kegagalan toleransi. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu: kesabaran, tenang, pengendalian emosi, bersikap baik, memiliki motivasi dan berfikir sebelum bertindak. Moral dan self control memiliki keterkaitan yang disebut pengendalian diri moral. Tidak adanya moralisasi self control akan menyebabkan individu menyakiti, melakukan kecurangan, penghianatan, subversi dan nilai-nilai dalam dirinya terdegradasi. Tetapi jika moralisasi self control ada dalam diri individu maka ia akan memiliki rasa peduli, keadilan, kemurnian, loyalitas dan otoritas. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Moralitas, Nilai, Moral Reasoning, Self Control The purpose of this research is to determine the influence of moral reasoning learning model on the strengthening of students' self control at SMAN 15 Bandar Lampung. The method used in this study is a quasi-experimental method with a quantitative approach. The population of this study is students of class XI at SMAN 15 Bandar Lampung. The sample in this study consisted of 62 respondents. The data collection technique in this study is by using observation techniques and questionnaires for students in the form of peer assessment and self-assessment. Data analysis technique is using Independent Sample t-Test. The results of data analysis indicate that there is an influence of moral reasoning learning model on the strengthening of students' self control at SMAN 15 Bandar Lampung significantly with indicators of the independent variable (X) namely: problem- solving ability, active participation, collaborative behavior, and low tolerance for failure. Then, in the indicators of the dependent variable (Y) namely: patience, calmness, emotional control, good behavior, motivation, and thinking before acting. Moral and self control have an association called moral self-regulation. The absence of moralization of self control will lead individuals to harm, cheat, betray, subvert, and degrade values within themselves. But if moralization of self control exists within the individual, then they will have a sense of care, justice, purity, loyalty, and authority Keywords: Learning Model, Morality, Value, Moral Reasoning, Self Control. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-07-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82144/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT%20-%20Rocket%20Digital.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82144/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Rocket%20Digital.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82144/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Rocket%20Digital.pdf identifier: Marini , Eva Permata (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP PENGUATAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/82144/