@misc{eprints82154, month = {Agustus}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III DI SD 3 METRO PUSAT}, author = {SELVANA BELLA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82154/}, abstract = {Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD 3 Metro Pusat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IIIA dan IIIB SD 3 Metro Pusat ang berjumlah 49 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 49 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD 3 Metro Pusat Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: berpikir kritis, model pembelajaran kooperatif, jigsaw The problem in this research was the low critical thinking skills of class III students at SD 3 Metro Pusat. The aim of this research is to determine the effect of the jigsaw type cooperative learning model on the critical thinking abilities of class III students at SD 3 Metro Pusat. The method in this research uses a quasi experimental design method involving an experimental group and a control group with a quantitative research type with an experimental design. The population in this study were all students in classes IIIA and IIIB at SD 3 Metro Pusat 49 students. Sampling used a saturated sampling technique with a sample of 49 students. Data collection techniques use tests and observations. Data were analyzed using a simple linear regression test. The results of this research show that there is a significant influence on the application of the jigsaw type cooperative learning model on the critical thinking abilities of class III students at SD 3 Metro Pusat for the 2023/2024. Keywords: critical thinking, cooperative learning, jigsaw} }