%0 Generic %A INTAN , BESTIKA PUTRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82166 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 8 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/82166/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 orang peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan jamak, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis yang pertama untuk melihat pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana, kemudian uji-t digunakan untuk melihat adanya perbedaan, serta uji N-Gain digunakan untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar IPA, STAD, LKPD