@misc{eprints82175, month = {Juli}, title = {PENGARUH MENGAKSES MEDIA SOSIAL GREEN INFLUENCER TERHADAP KESADARAN FOLLOWERS DALAM MENJAGA LINGKUNGAN (Studi pada Akun Instagram @Pandawaragroup)}, author = {Utami Septa Yuvela}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82175/}, abstract = {Mengakses akun green influencer pada media sosial Instagram merupakan penggunaan dari alat media komunikasi yang bersifat mengunjungi untuk memperoleh suatu informasi mengenai isu tentang lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besaran pengaruh mengakses media sosial Instagram green influencer terhadap kesadaran followers dalam menjaga lingkungan (studi pada akun Instagram @pandawaragroup). Teori yang digunakan adalah teori New Media Effect menurut Steven M. Chaffe, dimana pesan media baru memberikan perubahan perilaku berupa kognitif, afektif, dan konatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada 100 responden followers Instagram @pandawaragroup yang dipilih secara simple random sampling. Terdapat pengaruh positif dalam mengakses media sosial Instagram @pandawaragroup terhadap kesadaran followers dalam menjaga lingkungan sebesar (b) 0,336 X dengan konstanta sebesar (a) 15,345. Berdasarkan perhitungan dengan uji T menyatakan variabel X berpengaruh sebesar (R2 ) 73,7\% sedangkan sisanya 26,3\% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hipotesis yang diajukan diterima dengan dibuktikan nilai T hitung = 16,574 {\ensuremath{>}} T tabel = 1,660. Indikator dalam mengakses media sosial Instagram @pandawaragroup yang paling berpengaruh adalah atensi sedangkan pada variabel kesadaran menjaga lingkungan, ketiga indikator kognitif, afektif, dan konatif sama- sama mendapatkan nilai tinggi. Kata kunci: Green Influencer, Kesadaran, Mengakses Instagram, Menjaga Lingkungan, Efek Media Baru Accessing the green influencer account on the social media platform Instagram constitutes the use of a communication tool aimed at visiting to obtain information about environmental issues. This research aims to determine the extent of influence of accessing the Instagram green influencer on followers' environmental awareness (a study on the Instagram account @pandawaragroup). The theory applied is Steven M. Chaffe's New Media Effect theory, which posits that messages from new media bring about behavioral changes in cognitive, affective, and conative aspects. This study employs a quantitative approach through a survey of 100 respondents who are followers of the Instagram account @pandawaragroup, selected via simple random sampling. There is a positive influence in accessing the Instagram account @pandawaragroup on followers' environmental awareness by (b) 0.336 X, with a constant of (a) 15.345. Based on calculations using the T-test, variable X influences by (R2 ) 73.7\%, while the remaining 26.3\% is influenced by other factors not investigated in this study. The hypothesis is accepted, supported by the calculated T-value of 16.574 {\ensuremath{>}} T-table = 1.660. The most influential indicator in accessing the Instagram account @pandawaragroup is attention, while for the variable of environmental awareness, all three indicators cognitive, affective, and conative received equally high scores.. Keywords: Green Influencer, Awareness, Accessing Instagram, Protecting the Environment, New Media Effect} }