creators_name: Ika , Alfina Damayanti creators_id: 2013054006 type: other datestamp: 2025-02-05 07:47:55 lastmod: 2025-02-05 07:47:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah pada penelitian ini adalah anak-anak yang masih kesulitan dalam kemampuan berhitungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan tradisional ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu anak kelompok B di TK Al-Akbar yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 30 anak. Sampel pada penelitian ini diambil melalui teknik pengambilan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara permainan tradisional ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U mendapat nilai 0,000 < 0,005. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,8349 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,5563 dengan kategori sedang. sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan tradisional ular tangga memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung anak. Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan berhitung, permainan ular tangga The problem in this study is children who still have difficulty in their counting skills. This study aims to determine the effect of traditional snakes and ladders game media on the counting ability of children aged 5-6 years. The research method used in this research is a quantitative approach with the type of quasi-experiment. The population in this study were group B children at Al-Akbar Kindergarten consisting of 2 classes totaling 30 children. The sample in this study was taken through saturated sampling technique, namely all members of the population. Data collection techniques using observation sheets. The hypothesis of this study is that there is an influence between traditional snakes and ladders games on the counting ability of children aged 5-6 years. This can be proven from the results of hypothesis testing using the Mann-Whitney U test got a value of 0.000 <0.005. The N-Gain test results of the experimental class are 0.835 with a high category and the control class is 0.556 with a medium category. so Ha is accepted. The results showed that the traditional snakes and ladders game media had an influence on children's counting skills. Keywords: early chilldhood, counting skills, snakes and ladders game date: 2024-08-06 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Ika , Alfina Damayanti (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82197/1/ABSTRAK_SKRIPSI%20PENGARUH%20MEDIA%20PERMAINAN%20TRADISIONAL%20ULAR%20TANGGA%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERHITUNG%20ANAK%20USIA%205-6%20TAHUN%20-%20Ika%20Alfina%20Damayanti.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82197/2/SKRIPSI%20FULL_IKA%20ALFINA%20DAMAYANTI_2013054006_PG%20PAUD%20-%20Ika%20Alfina%20Damayanti.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82197/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN_IKA%20ALFINA%20DAMAYANTI_2013054006_PG%20PAUD%20-%20Ika%20Alfina%20Damayanti.pdf