<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN"^^ . "Aplikasi buku tamu telah ditetapkan oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi\r\nLampung sebagai sistem pencatatan tamu secara digital sejak tahun 2021.\r\nMeskipun sempat dinonaktifkan pada tahun 2023 setelah dilakukan perbaikan dan\r\nreaktivasi pada tahun 2024, aplikasi buku tamu menunjukkan peran penting dalam\r\nmendukung standar pelayanan dan tata kelola pengadaan barang dan jasa yang lebih\r\nbaik. Aplikasi ini dirancang untuk menggantikan pencatatan tamu secara manual\r\ndengan sistem digital, sehingga diharapkan dapat mampu mencatat informasi tamu\r\nlebih cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan\r\naplikasi buku tamu pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Lampung dalam\r\nmeningkatkan kualitas pelayanan dan mengidentifikasi hambatannya. Metode yang\r\ndigunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dianalisis\r\nmenggunakan hasil kajian dari riset Harvard JFK School of Government (Indrajit,\r\n2002) yaitu support, capacity, dan value. Teknik pengumpulan data melalui\r\nwawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang\r\ndiperoleh menunjukkan bahwa elemen value sudah baik, namun terdapat elemen\r\nyang belum terpenuhi yaitu pada elemen support dan capacity. Adapun yang\r\nmenjadi hambatan dalam penggunaan aplikasi buku tamu terlihat pada kurangnya\r\ndukungan berupa belum tersedianya panduan pelayanan aplikasi buku tamu,\r\nsosialisasi belum dilakukan secara aktif, masih kurangnya kesiapan sumber daya\r\npelaksana dikarenakan pelatihan yang tidak memadai, dan tidak tersedianya\r\ninfrastruktur penunjang bagi pengguna layanan berupa jaringan internet yang bisa\r\ndiakses diruang publik. Meskipun aplikasi buku tamu memiliki potensi untuk\r\nmeningkatkan kualitas pelayanan publik di Biro Pengadaan Barang dan Jasa\r\nProvinsi Lampung, tetapi optimalisasi penerapannya memerlukan perencanaan\r\nyang lebih matang, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan pengelolaan\r\nyang efektif.\r\nKata Kunci: Aplikasi Buku Tamu, Pelayanan Publik, Biro Pengadaan Barang dan\r\nJasa, E-government, Digitalisasi.\r\nThe visitor book application has been implemented by the Procurement Bureau of\r\nGoods and Services, Lampung Province, as a digital visitor recording system since\r\n2021. Although it was temporarily deactivated in 2023, following improvements\r\nand reactivation in 2024, the application demonstrated a crucial role in supporting\r\nhigher service standards and better governance in procurement processes. The\r\napplication is designed to replace manual visitor recording with a digital system,\r\naiming to record visitor information more quickly and accurately. This study aims\r\nto analyzed the implementation of the visitor book application at the Procurement\r\nBureau of Goods and Services, Lampung Province, in improving service quality\r\nand identifying its challenges. The research uses a descriptive qualitative method,\r\nanalyzed through the results of the study from Harvard JFK School of Government\r\nresearch (Indrajit, 2002) of support, capacity, and value. Data collection\r\ntechniques include interviews, documentation, and observation. The findings\r\nindicate that while the value element is well-fulfilled, there are shortcomings in the\r\nsupport and capacity elements. Challenges in using the visitor book application\r\ninclude a lack of support, such as the absence of a comprehensive service guide for\r\nthe application, insufficient socialization efforts, inadequate preparation of\r\npersonnel due to insufficient training, and the lack of supporting infrastructure,\r\nsuch as accessible internet in public areas. Although the visitor book application\r\nhas the potential to enhance public service quality at the Procurement Bureau of\r\nGoods and Services, Lampung Province, but optimizing its implementation requires\r\nmore thorough planning, improved human resource competencies, and effective\r\nmanagement.\r\n\r\nKeywords: Visitor Book Application, Public Service, Procurement Bureau of Goods\r\nand Services, E-government, Digitalization."^^ . "2024-10-01" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK "^^ . . . . . . . "Khoirunnissa\t"^^ . "\tAlfiana "^^ . "Khoirunnissa\t \tAlfiana "^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK ALFIANA - Alfiana Khoirunnissa.pdf"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (File PDF)"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI ALFIANA TNP PEMBAHASAN - Alfiana Khoirunnissa.pdf"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN\r\nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN\r\n\r\nKUALITAS PELAYANAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #82213 \n\nPENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU PADA BIRO PENGADAAN \nBARANG DAN JASA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN \n \nKUALITAS PELAYANAN\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . .