%A Nur Amanah Rizki %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan aktivitas belajar serta kurangnya penerapan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan media poster dan media audio visual kelas XI di SMA N 1 Gedong Tataan, ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas visual, dan ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas lisan, serta ada/tidaknya interkasi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment pendekatan komparatif dengan desain factorial 2x2. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling berjumlah 69 sampel, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji t-Test Dua Sampel Independent dan Uji ANAVA Dua Jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan media poster dan media audio visual dimana rata-rata hasil belajar dari penggunaan media poster lebih tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas visual, dan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster mendapatlan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas lisan, serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belaajar ekonomi siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Media Poster, Media Audio Visual %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82272