TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82295 UR - http://digilib.unila.ac.id/82295/ A1 - ERLINA , YULIANTI Y1 - 2024/04/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran edukatif TikTok terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi warna CMYK dan RGB, serta, mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran edukatif TikTok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental yaitu one grup pretest-posttest. Penelitian ini hanya dilakukan dengan menggunakan kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji paired sample t-test.Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa hasil uji Paired sample t-test nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 atau H0 ditolak dan H1 diterima yang mana disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran edukatif TikTok terhadap peningkatan hasil belajar. Penerapan media pembelajaran edukatif TikTok memberikan perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran TikTok telah membawa dampak positif signifikan pada peningkatan pemahaman materi di antara partisipan. Terbukti dengan peningkatan yang cukup besar dari nilai pre-test ke post-test, serta jumlah partisipan yang berhasil tuntas meningkat secara signifikan dari nilai ketuntasan hanya 6% menjadi 88%. Kata Kunci : edukatif TikTok, hasil belajar, media pembelajaran,warna cmyk dan rgb. This research aims to describe the influence of TikTok's educational learning media on students' cognitive learning outcomes in CMYK and RGB color material, as well as, determine the differences in student learning outcomes after carrying out learning using TikTok's educational learning media. This research uses a pre-experimental research method, namely one group pretest-posttest. This research was only carried out using an experimental class without a control class. The data collection technique used was a test, while the research data was analyzed quantitatively using the paired sample t-test. Based on the analysis results, it was concluded that the results of the paired sample t-test had a Sig (2- tailed) value of 0.000 <0.05 or H0 was rejected. and H1 is accepted, which means it is concluded that there is a significant influence of using TikTok educational learning media on improving learning outcomes. The application of the TikTok educational learning media provides differences in learning outcomes before and after learning. It can be concluded that the TikTok learning media has had a significant positive impact on increasing understanding of the material among participants. This is proven by a quite large increase from the pre-test to the post- test score, and the number of participants who successfully completed it increased significantly from a completion score of only 6% to 88%. Keywords: cmyk and rgb colors, educational TikTok, learning media, learning outcomes. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WARNA CMYK DAN RGB KELAS X TKJ DI SMK MA?ARIF 05 LAMPUNG TIMUR AV - restricted ER -