TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82299 UR - http://digilib.unila.ac.id/82299/ A1 - Sri , Yulianti Y1 - 2024/05/28/ N2 - Penerapan pendidikan ekonomi orang tua kepada anak agar mampu menerapkan nilai- nilai pengelolaan keuangan dengan bijak. Keluarga sebagai pemberian nilai-nilai pengetahuan pertama berperan aktif dalam pembentukan karakter nilai-nilai pendidikan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi yang dilakukan oleh keluarga nelayan Kelurahan Sukaraja Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam, obeservasi, dokumentasi, dan triangulasi data. Informan yang digunakan berjumlah 5 orang informan nelayan penggarap. Analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa proses pendidikan ekonomi dilakukan orang tua kepada anak dengan cara menerapkan pola nilai-nilai pendidikan ekonomi yang terstruktur berupa pembiasaan wajib berkata jujur, dan pembiasaan meringankan pekerjaan rumah. Menerapkan pola nilai-nilai pendidikan ekonomi tidak terstruktur berupa pemberian uang saku, pemberian nasihat penggunaan keuangan dengan bijak, pemberian waktu luang untuk berkomunikasi mengenai penggunaan keungan rasional, pembiasaan menabung, pembiasaan hidup hemat, dan pendisiplinan mengajak anak untuk melihat pekerjaan orang tua. Pola asuh informan berupa pola asuh demokratis dan tingkat literasinya berada pada tingkat less literate dan suff literate. Kesimpulan bahwasannya setiap informan belum sepenuhnya mampu menerapkan pendidikan ekonomi keluarga dengan baik. Kata Kunci : Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Informal, Keluarga Nelayan The application of parents' economic education to children in order to be able to apply the values of financial management wisely. The family as the first provider of knowledge values plays an active role in characterizing the values of economic education. This study aims to determine the application of economic education values carried out by fishermen families in Sukaraja Village, Bumi Waras Subdistrict, Bandar Lampung City. The research method used descriptive qualitative research with phenomenological studies. Data were collected through in-depth interviews, observation, documentation, and data triangulation. The informants used amounted to 5 tenant fishermen informants. Data analysis was carried out by presenting data, reducing data, and drawing conclusions. Based on the results of research in the field that the process of economic education is carried out by parents to children by applying a structured pattern of economic education values in the form of mandatory habituation to speak honestly, and habituation to relieve homework. Applying an unstructured pattern of economic education values in the form of giving pocket money, giving advice on wise use of finances, providing free time to communicate about rational use of finances, habituation to saving, habituation to frugal living, and disciplining inviting children to see parents' work. The informants' parenting style is in the form of democratic parenting and their literacy level is at the less literate and suff literate levels. The conclusion is that each informant has not been able to fully implement family economic education properly. Keywords: Economic Education, Informal Education, Fishermen's Family PB - KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA NELAYAN DI KELURAHAN SUKARAJA KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -