%A Xarity Kanafi Orfa %T STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAND DI SMA IMMANUEL BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan Ekstrakurikuler Band di SMA IMMANUEL Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih Ekstrakurikuler Band dan siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Band di SMA IMMANUEL Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, setelah itu data dianalisis menggunakan teknik Triangulasi sumber untuk menganalisis keabsahan data. Hasil penelitian mengenai strategi pembelajaran pada kegiatan Ekstrakurikuler Band di SMA IMMANUEL Bandar Lampung menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pembelajaran yang diterapkan pada proses pembelajaran Ekstrakurikuler Band di SMA IMMANUEL Bandar Lampung meliputi tiga tahapan kegiatan yaitu tahapan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan mengimplementasikan penggabungan dari beberapa strategi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran aktif, dan pendekatan humanistic education, guna menunjang kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Band; (2) Materi pembelajaran Ekstrakurikuler Band berlangsung dengan pembelajaran teori dan praktik berupa dasar-dasar bermain musik serta bermain lagu yang telah ditentukan oleh pelatih; (3) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Ekstrakurikuler Band yaitu metode demonstrasi, metode drill atau latihan, dan metode ceramah; (4) Evaluasi pembelajaran pada kegiatan Ekstrakurikuler Band difokuskan pada kemampuan siswa dalam menguasai teknik permainan, materi lagu, penataan sound, dan penampilan atau pembawaan lagu. Kata kunci : strategi pembelajaran, prosedur pembelajaran, Ekstrakurikuler Band The aim of this research is to describe the learning strategies used on Extracuricular Band activities at the IMMANUEL High School Bandar Lampung. This research is qualitative descriptive research. The subjects of this research are the extracurricular trainer of the Band and the students who attended the Extracuricular Band activities at IMMANUEL High School Bandar Lampung. Data collection is done using the interview method, observation method and documentation method. Technical data analysis uses data collection techniques, data reduction, data presentation, and drawing conclusions, after which the data is analyzed using the Triangulation technique of the source to analyze the validity of the data. The results of the research on the learning strategy on the extracurricular activities of the Band at IMMANUEL High School Bandar Lampung show that: (1) The learning phase applied to the Extracuricular learning process of the band at IMMANUEL High School includes the three stages of the activity, i.e. the opening phase, the core activity, and the closing activity by implementing the combination of several learning strategies such as the expository learning strategy, active learning strategies, and humanistic education, in order to support the extra-curricular learning activity of Band; (2) The learning material of the Extraction Band is conducted with the theoretical and practical learning of the basics of playing music as well as playing songs as have been determined by the trainer; (3) The learning method used in extracural learning is the method of demonstration, drill method or practice, and lecture method; (4) The evaluation of learning on extracursional activities of Band is focused on the ability of students to master the techniques of the game, material, song composition, sound and performance or songmaking. Keywords : learning strategy, learning procedures, extracurricular band %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82304