@misc{eprints82308, month = {Desember}, title = {MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI (EXPOSITORY) MELALUI VIDEO MOTIVASI BELAJAR DI YOUTUBE PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 KOTAAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024}, author = {CANTIKA CHINTA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82308/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi (expository) melalui video motivasi belajar di youtube dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kotaagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala motivasi belajar dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu 14 siswa kelas XI SMAN 1 Kotaagung. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok sebesar 53\% kategori rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada post-test I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang sebesar 65\%. Sedangkan pada post-test II motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 80\%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi (expository) melalui video motivasi belajar di youtube dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMAN 1 Kotaagung. Kata Kunci : motivasi belajar, bimbingan kelompok, teknik pemberian informasi (expository). The problem in this study is low student learning motivation. This study aims to determine the use of group guidance services with information giving techniques (expository) trough learning motivation videos on youtube in increasing student motivation of SMAN 1 Kotaagung. The type of research used in this study is quantitative with One Group Pretest-Posttest research design. The data collection techniques used are learning motivation scales and observation. The subjects of this study were 14 grade XI students of SMAN 1 Kotaagung. Data analysis using descriptive percentage data analysis. The results showed that students' learning motivation before receiving treatment in the form of group guidance amounted to 53\% in the low category. After being given group guidance services in post-test I, students' learning motivation increased to the medium category by 65\%. Meanwhile, in the post-test II, student learning motivation continues to increase to the high category with a gain of 80\%. This shows that group guidance services with information giving techniques (expository) trough learning motivation videos on youtube can increase learning motivation for XI class students of SMAN 1 Kotaagung. Keywords : learning motivation, group guidance, techniques for providing information (expository).} }