TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82325 UR - http://digilib.unila.ac.id/82325/ A1 - SALSA , NORALIZA Y1 - 2024/08/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terintegrasi dengan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA, mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan pembelajaran STEM Terintegrasi dengan PjBL, dan produk yang dihasilkan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling, kelas X.6 sebagai kelas kontrol dan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Data penelitian yang didapatkan dengan memberikan pretest, posttest, dan lembar penilaian produk kreatif untuk melihat adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan penggunaan angket di kelas eksperimen digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai signifikan uji Mann Whitney-U 0,00. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen memperoleh rata rata N-gain 0,71 termasuk kategori tinggi. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL diperoleh rata rata persentase 84,85 % dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tersebut dapat diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Kata Kunci: Berpikir kreatif, PjBL, STEM PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGARUH PEMBELAJARAN STEM TERINTEGRASI DENGAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA AV - restricted ER -