%0 Generic %A Ikhsan , Taufiq %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82337 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TARI BEDANA BERBASIS VIDEO ANIMASI %U http://digilib.unila.ac.id/82337/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah Tari Bedana berbasis video animasi dan mendeskripsikan kelayakan dan kemenarikannya sebagai media pembelajaran tari berbasis audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dilengkapi dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah Tari Bedana berbasis video animasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak, sangat mudah, dan menarik. Pengembangan media pembelajaran tersebut telah dinilai oleh ahli materi, ahli media, guru dan siswa SMA Negeri 13 Bandarlampung. Kelayakan media pembelajaran tersebut dinilai dengan melibatkan ahli media dan ahli materi dengan hasil rata-rata skor 4,45 (sangat layak) untuk ahli materi dan 4,75 (sangat layak) untuk ahli media. Kemenarikan dan kemudahan media pembelajaran tersebut diuji dengan melibatkan guru dan siswa dalam tahap uji coba lapangan dengan hasil rata-rata skor 4,8 (sangat menarik dan mudah) untuk guru dan 4,31 (sangat menarik dan mudah) untuk siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sejarah Tari Bedana, Video Animasi This research aims to develop a Bedana dance history learning media based on animated videos and describe its feasibility and attractiveness as an audiovisual- based dance learning media. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) equipped with the ADDIE learning model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research results indicate that the developed history learning media for the Bedana Dance based on animated videos has met the criteria of being very feasible, very easy, and attractive. The development of this learning media has been tested by content experts, media experts, teachers, and students. The feasibility of the learning media was tested by involving media expert and content experts, resulting in an average score of 4,45 (very feasible) for content experts and 4,75 (very feasible) for media experts. The attractiveness and ease of use of the learning media were tested by involving teachers and students of SMA Negeri 13 Bandarlampung in the field trial phase, resulting in an average score of 4,8 (very attractive and easy) for teacher and 4,31 (very attractive and easy) for students. Keywords: Learning Media, Bedana Dance History, Animated Video