?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+(ADI)+BERBASIS%0D%0ASTEM+TERHADAP+KETERAMPILAN+ARGUMENTASI+PESERTA%0D%0ADIDIK+PADA+MATERI+POKOK+SISTEM+PERNAPASAN%0D%0AMANUSIA+DI+MTS+NEGERI+2+LAMPUNG+UTARA&rft.creator=SHERLY+%2C+FADHILA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+signifikansi+pengaruh+model%0D%0Apembelajaran+Argument-Driven+Inquiry+(ADI)+berbasis+STEM+terhadap%0D%0Aketerampilan+argumentasi+peserta+didik+pada+materi+pokok+Sistem+Pernapasan%0D%0AManusia+di+MTs+Negeri+2+Lampung+Utara.+Penelitian+ini+Quasy+Eksperimental%0D%0A(Eksperimen+semu)+dengan+desain+Pretest-Posttest+Non+Ekuivalen+Control+Group.%0D%0ASubjek+penelitian+adalah+peserta+didik+kelas+VIII+yang+berjumlah+66+orang%0D%0Adicuplik+dari+populasi+berjumlah+167+orang+menggunakan+teknik+cluster+random%0D%0Asampling.+Data+kuantitatif+berupa+hasil+tes+keterampilan+argumentasi+dan+data%0D%0Akualitatif+berupa+data+keterlaksanaan+sintaks+pembelajaran+terhadap+ADI-STEM%0D%0Adan+model+Discovery+Learning+serta+data+tanggapan+peserta+didik+terhadap+model%0D%0A%0D%0AADI-STEM.+Data+kuantitatif+dianalisis+menggunakan+uji+independent+sample+t-%0D%0Atest+dan+data+tanggapan+peserta+didik+terhadap+model+ADI-STEM+menggunakan%0D%0A%0D%0Aangket+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+terdapat%0D%0Aperbedaan+nilai+N-Gain+yang+signifikan+(P%CB%820%2C05)+sehingga+keterampilan%0D%0Aargumentasi+peserta+didik+melalui+model+pembelajaran+ADI-STEM+lebih+tinggi%0D%0Adibandingkan+dengan+model+pembelajaran+Discovery+learning.+Keterampilan%0D%0Aargumentasi+tertinggi+pada+kelas+eksperimen+adalah+indikator+claim+(N-Gain+0%2C76)%0D%0Adengan+kategori+tinggi%2C+sedangkan+terendah+adalah+backing+(N-Gain+0%2C29).%0D%0ASementara+kelas+kontrol+kemampuan+keterampilan+argumentasi+peserta+didik+pada%0D%0Aindikator+claim+tergolong+kategori+sedang%2C+indikator+ground%2C+warrant%2C+dan+backing%0D%0Atergolong+kategori+rendah.+Berdasarkan+perolehan+hasil+angket+tanggapan+peserta%0D%0Adidik+diperoleh+persentase+82%2C50%25+menunjukkan+bahwa+model+ADI-STEM+sangat%0D%0Abaik+untuk+meningkatkan+keterampilan+argumentasi+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Keterampilan+Argumentasi%2C+Model+Argument-Driven+Inquiry+berbasis%0D%0ASTEM%2C+Sistem+Pernapasan+Manusia.%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-08-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82338%2F1%2FABSTRAK_SHERLY%2520FADHILA_FKIP%2520PENDIDIKAN%2520BIOLOGI%2520-%2520Sherly%2520Fadhila.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82338%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520LAMPIRAN_SHERLY%2520FADHILA_%2520FKIP%2520PENDIDIKAN%2520BIOLOGI%2520-%2520Sherly%2520Fadhila.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82338%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN_%2520SHERLY%2520FADHILA_FKIP%2520PENDIDIKAN%2520BIOLOGI%2520-%2520Sherly%2520Fadhila.pdf&rft.identifier=++SHERLY+%2C+FADHILA++(2024)+PENGARUH+MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+(ADI)+BERBASIS+STEM+TERHADAP+KETERAMPILAN+ARGUMENTASI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+POKOK+SISTEM+PERNAPASAN+MANUSIA+DI+MTS+NEGERI+2+LAMPUNG+UTARA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82338%2F