%A DARMAWAN. S ROBIYUL DWI %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 METRO %X Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kolaboratif Tipe Three step interview Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Metro dan mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kolaboratif Tipe Three step interview Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Metro. Metode penelitian eksperimen yang akan digunakan yaitu desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk NonEquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Metro tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 138 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan Ada pengaruh model pembelajaran kolaboratif Tipe Three step interview terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Metro nilai signifikan sebesar 0,000 (sig < 0,05). Besarnya pengaruh yang diberikan oleh model pembelajaran kolaboratif Tipe Three step interview terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Metro dengan nilai F = 8,890. Kata kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran, Tipe Three Step Interview. The aim of this research is to determine whether there is an influence of the Type collaborative learning modelThree step interview Regarding the Learning Activeness of Class XI IPS Students at SMA Negeri 3 Metro and knowing the magnitude of the influence of the Type collaborative learning modelThree step interview Regarding the Learning Activeness of Class XI IPS Students at SMA Negeri 3 Metro. The experimental research method that will be used is research design Quasi Experimental Design with shape Non Equivalent Control Group Design. The populations in this study were Class XI IPS students at SMAN 3 Metro for the 2022/2023 academic year, totaling 138 students. The sample used in this research was 70 students consisting of 35 experimental class students and 35 control class students. Test the hypothesis using the testIndependent Sample Test. The research results show that there is an influence of the type of collaborative learning model Three step interview on the learning activeness of class XI IPS students at SMA Negeri 3 Metro, the significant value is 0.000 (sig < 0.05). The magnitude of the influence provided by the collaborative learning model TypeThree step interview on the learning activeness of class XI IPS students at SMA Negeri 3 Metro with a value of F = 8.890. Keywords: Learning Activeness, Learning Models, Types Three Step Interview. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82365