%0 Thesis %9 Masters %A DIAN PRATIWI , MAYA SANDI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:82397 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2147483647 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIKZ %U http://digilib.unila.ac.id/82397/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalahResearch and Development (R&D) dengan menggunakan design pengembanganADDI-E. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Insan Robbani yang terdiri dari 23 peserta didik. Data dalam penelitian ini berupa data validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek yang dinilai. Hasil analisis kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis pendekatan saintifik berada pada kategori valid dan praktis. Hasil uji efektifitas LKPD berbasis pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkanbahwa LKPD berbasis pendekatan saintifikyang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: LKPD, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis The aim of this research is to produce student worksheets based on a scientific approach that are valid, practical and effective in terms of students' critical thinking abilities. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDI-E development design. Data collection techniques used include interviews, questionnaires and tests. The subjects of this research were students in class VIII SMP IT Insan Robbani, consisting of 23 students. The data in this research in the form of data on the validity, practicality and effectiveness of LKPD based on a scientific approach were analyzed descriptively by looking at the aspects being assessed. The results of the scientific approach-based LKPD validation are in the valid category. The practicality test results are in the practical category. The results of the formulation of developing LKPD based on a scientific approach that can maximize students' critical thinking abilities show that LKPD based on a scientific approach is effective in improving students' critical thinking abilities. The research results show that the developed scientific approach-based LKPD is valid, practical and effective for improving students' critical thinking skills. Keywords: LKPD, scientific approach, critical thinking skills