?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING%0D%0ABERBANTUAN+ALAT+PERAGA+DITINJAU+DARI+PEMAHAMAN%0D%0A%0D%0AKONSEP+MATEMATIS+SISWA%0D%0A%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+Semester+Genap%0D%0A%0D%0ATahun+Pelajaran+2023%2F2024)&rft.creator=Dila+%2C+Nabila+Sari&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+eksperimen+semu+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+penerapan%0D%0Amodel+problem+based+learning+berbantuan+alat+peraga+ditinjau+dari+pemahaman+konsep%0D%0Amatematis+siswa.+Populasinya+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+20%0D%0ABandarlampung+tahun+pelajaran+2023%2F2024+yang+terdistribusi+ke+dalam+10+kelas.%0D%0ASampel+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VIII-F+sebagai+kelas+eksperimen+yang%0D%0Aterdiri+dari+29+siswa+dan+kelas+VIII-D+sebagai+kelas+kontrol+yang+terdiri+dari+30+siswa%0D%0Ayang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling.+Teknik+pengumpulan+data+yang%0D%0Adigunakan+adalah+tes%2C+sedangkan+instrumen+yang+digunakan+berupa+tes+pemahaman%0D%0Akonsep+yang+terdiri+dari+3+soal+uraian.+Desain+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini%0D%0Aadalah+pretest-posttest+control+group+design.+Berdasarkan+hasil+uji+non-parametrik%0D%0Adiperoleh+bahwa+pemahaman+konsep+matematis+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran%0D%0Aproblem+based+learning+berbantuan+alat+peraga+lebih+tinggi+daripada+pemahaman%0D%0Akonsep+matematis+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+konvensional+dan+berdasarkan%0D%0Ahasil+uji+proporsi+diperoleh+bahwa+siswa+dengan+kemampuan+pemahaman+konsep%0D%0Amatematis+yang+mengikuti+pembelajaran+problem+based+learning+berbantuan+alat%0D%0Aperaga+terkategori+baik.+Dengan+demikian%2C+model+pembelajaran+problem+based%0D%0Alearning+berbantuan+alat+peraga+efektif+ditinjau+dari+pemahaman+konsep+matematis%0D%0Asiswa.%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+pemahaman+konsep+matematis%2C+problem+based+learning&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-08-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82409%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520dila%2520nabila.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82409%2F2%2FSKRIPSI%2520DILA%2520NABILA%2520SARI%2520FULL%2520-%2520dila%2520nabila.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82409%2F3%2FSKRIPSI%2520DILA%2520NABILA%2520SARI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN%2520-%2520dila%2520nabila.pdf&rft.identifier=++Dila+%2C+Nabila+Sari++(2024)+EFEKTIVITAS+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+ALAT+PERAGA+DITINJAU+DARI+PEMAHAMAN+KONSEP+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82409%2F