%0 Generic %A Dila , Nabila Sari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82409 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/82409/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning berbantuan alat peraga ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang terdiri dari 3 soal uraian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji non-parametrik diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang mengikuti pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga terkategori baik. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, problem based learning