%0 Generic %A LA. Rachmat , Rajani Akbar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82420 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T POLITIK SLANKERS DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2024 (STUDI KASUS SLANK FANS CLUB LAMPUNG PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024) %U http://digilib.unila.ac.id/82420/ %X Pemilihan Presiden Indonesia 2019 adalah sebuah proses demokrasi untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Pemilihan umum ini dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, kemenangan tersebut tidak lepas dari Slank dan Slankers yang merupakan fans setia Slank. Slankers merupakan modal sosial Slank sebagai influencer yang dalam penelitian ini menjadi komunikator politik. Lamanya Slank dalam bidang musik juga bisa menjadi modal yang sangat besar dalam mempengaruhi Slank karena kesamaan para Slankers yang mengidolai band Slank. Partisipasi Slankers dalam pemilihan umum memang erat kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi salah satu faktornya karena adanya komunikator politik yang ada untuk mempengaruhi mereka yaitu Slank dan apakah Slankers mengikuti pilihan Slank karena menurut mereka itu adalah hal yang menguntungkan.Penelitian ini dilihat dengan aspek Komunikasi Politik yaitu Komunikator, Pesan, Media, Khalayak, dan Efek. Aspekaspek tersebut digunakan Slank dalam upaya pemenangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pemilihan Presiden 2019. Kata kunci: Slankers, Komunikasi Politik, Pemilihan Presiden 2019 ABSTRACT SLANKERS POLITICS IN 2024 PRESIDENTAL ELECTION (Case Study of Slank Fans Club Lampung in the 2024 Presidental Election) By LA. Rachmat Rajani Akbar The 2019 Indonesian Presidential Election is a democratic process to elect the President and Vice President of the Republic of Indonesia for the 2019-2024 period. This general election was won by the Joko Widodo-Ma'ruf Amin pair, this victory could not be separated from Slank and Slankers who are loyal fans of Slank. Slankers are Slank's social capital as influencers who in this study become political communicators. Slank's longevity in the field of music can also be a very big capital in influencing Slank because of the similarity of Slankers who idolize the band Slank. Slankers' participation in the general election is closely related to factors that influence one of the factors because there is a political communicator who is there to influence them, namely Slank and whether Slankers follows Slank's choice because according to them it is a profitable thing. This research is seen from the aspect of Political Communication namely Communicators, Messages, Media, Audiences, and Effects. These aspects are used by Slank in an effort to win JokowiMa'ruf in the 2019 Presidential Election.. Keywords: Slankers, communication politics, Presidential Election 2019