TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82423 UR - http://digilib.unila.ac.id/82423/ A1 - MARTALINA , ZULFA Y1 - 2024/08/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada materi pokok sistem gerak menggunakan strategi flipped classroom. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalen. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII C (kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 29 orang, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data HOTS diperoleh melalui pretest-posttest, yang hasilnya dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penerapan strategi flipped classroom di kelas eksperimen terhadap HOTS peserta didik, pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan rata- rata nilai N-gain sebesar 0,5 yang berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan flipped classroom terhadap HOTS peserta didik. Kata Kunci: Flipped Classroom, Higher Order Thinking Skills PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGARUH STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI SISTEM GERAK AV - restricted ER -