title: PENGARUH BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN creator: RISTA, FITRIA RAHMAWATI subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor X sebesar 0,800 dan skor Y sebesar 0,894. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,32 yang berarti bahwa pengaruh bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak berada pada kategori sedang. Kemudian, berdasarkan hasil pengujian menggunakan Uji Paired Sample T-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang artinya terdapat pengaruh bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Baradatu. Kata Kunci: perilaku prososial, bermain peran makro, anak usia dini This study aims to determine the effect of macro role-playing on the prosocial behavior of children aged 5-6 years. The method used in this study is quantitative with a Pre-Experimental research design. The study employs a One Group Pretest- Posttest design. The sample consists of 10 children aged 5-6 years. Sampling was done using purposive sampling. Data collection techniques included observation and documentation. Observations were carried out using an observation sheet that has been tested for validity and reliability using the Alpha Cronbach formula, and was found to be highly reliable with an X score of 0.800 and a Y score of 0.894. Data analysis techniques used in this study include N-Gain and Paired Sample T- test. Based on the results, the average N-Gain score is 0.32, which means the effect of macro role-playing on prosocial behavior is in the moderate category. Additionally, the Paired Sample T-test results showed a significance value (2- tailed) of (0.000 < 0.05), leading to the rejection of Ho and acceptance of H1, indicating that there is a difference between pretest and posttest scores. This suggests that macro role-playing has an effect on the prosocial behavior of children aged 5-6 years at TK Mawar Baradatu. Keywords: prosocial behavior, macro role playing, early childhood publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-08-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82438/1/ABSTRAK_RISTA%20FITRIA%20RAHMAWATI_2013054033%20-%20Rista%20Fitria%20Rahmawati.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82438/2/FULL%20SKRIPSI_RISTA%20FITRIA%20RAHMAWATI_2013054033%20-%20Rista%20Fitria%20Rahmawati.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82438/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN_RISTA%20FITRIA%20RAHMAWATI_2013054033%20-%20Rista%20Fitria%20Rahmawati.pdf identifier: RISTA, FITRIA RAHMAWATI (2024) PENGARUH BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/82438/