@misc{eprints8244, month = {Maret}, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Kelas VIII SMP TMI Roudlotul Qur?an Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015) }, author = {1113021060 Ria Oktavia}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8244/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me-ngetahui efektivitas model pembelajaran problem-based learning ditinjau dari ke-mampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro semester genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem-based learning efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Kata Kunci : Efektivitas, Pemahaman Konsep, Problem-Based Learning} }