%A 1113021032 Fuji Lestari %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model Problem Based Learning tidak efektif, namun lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: pembelajaran Problem Based Learning, pemecahan masalah matematis %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints8245