%0 Generic %A BAYU , SAMUDERA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82464 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/82464/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 217 siswa yang terdistribusi dalam 7 kelas secara heterogen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol dengan masing-masing siswa sebanyak 31 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes uraian yang telah valid, reliabel, dan layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji nonparametrik Mann- Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata kunci : kemampuan berpikir logis matematis, pendekatan kontekstual, pengaruh