@misc{eprints8249, month = {Maret}, title = { PENGARUH PENGGUNAAN TEHNIK PENCATATAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013) }, author = {RIZKI SEVTYN PRATIWI 0543024039 }, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8249/}, abstract = {Penguasaan konsep yang tidak cukup optimal oleh siswa kelas IX IPA SMA N 2 Metro dipengaruhi olehstrategi yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat memfasilitasi keterampilan dan pencapaian siswa salah satunya adalahmind mapping. Penggunaan mind mapping bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian eksperimen ini berupa pretes-postes tak equivalen dengan melibatkan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa yang dianalisis menggunakan indeks kemampuan berpikir kritis siswa dan produk mind mapping yang diperoleh dari hasil diskusi setiap kelompok serta data kuantitatif diperoleh dari pretes- postes yang dianalisis menggunakan uji-t. iii Rizki Sevtyn Pratiwi Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 64,73 lebih tinggi dari rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu47,52.Rata-rata peningkatan setiap indikator kognitif penguasaan konsep oleh siswa pada kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 41,27 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 31,55. Sama halnya dengan aktivitas belajar siswa, bahwa pada kelas eksperimen mencapai peningkatan aktivitas yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Aspek mengemukakan pendapat/ide dan berdiskusi mengerjakan LKS merupakan aktivitas tertinggi yang diperoleh siswa. Berdasarkan pencapaianyang telah diungkapkan, maka dapat disimpulkan bahwa tehnik pencatatan mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci:Mind mapping, berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, sistem ekskresi. } }