<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK"^^ . "Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas\r\nprogram pembelajaran dengan strategi design thinking terintegrasi PjBL-STEM\r\nuntuk menstimulus keterampilan creative problem solving dan literasi numerasi\r\npeserta didik pada topik energi terbarukan. Jenis penelitian pengembangan ini\r\nmengacu pada model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development,\r\nImplementation, dan Evaluation. Teknik analisis data pada pengembangan produk\r\nmenggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta\r\nanalisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program\r\npembelajaran dengan strategi design thinking terintegrasi PjBL-STEM valid untuk\r\nmenstimulus keterampilan creative problem solving dan literasi numerasi peserta\r\ndidik pada topik energi terbarukan dengan bobot persentase 92,0% dengan kriteria\r\nsangat valid. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh bobot persentase\r\n92,1% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0,7\r\ndengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah\r\ndilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pembelajaran menggunakan\r\ndengan strategi design thinking terintegrasi PjBL-STEM dinyatakan valid, yaitu\r\nmemuat modul ajar yang secara isi tersusun atas komponen-komponen sebagai\r\nbagian dari perencanaan pembelajaran yang menjadikan guru lebih terarah dalam\r\nmelaksanakan pembelajaran dan dapat menjadikan waktu pelaksanaan lebih efisien.\r\nSelain itu, terdapat bahan ajar (e-LKPD dan e-Handout) telah memenuhi kriteria\r\nbahan ajar yang baik; 2) kepraktisan program pembelajaran dengan strategi design\r\nthinking terintegrasi PjBL-STEM terkategori sangat praktis, sehingga dapat\r\ndigunakan pada pembelajaran Fisika SMA, Fase E, kelas X semester ganjil pada\r\ntopik energi terbarukan; serta 3) efektivitas program pembelajaran terkategori\r\nsedang, sehingga program pembelajaran dengan strategi design thinking\r\nterintegrasi PjBL-STEM dinyatakan dapat menstimulus keterampilan creative\r\nproblem solving dan literasi numerasi peserta didik pada topik energi terbarukan.\r\n\r\nKata kunci: Creative problem solving, design thinking, literasi numerasi, PjBL-\r\nSTEM, program pembelajaran.\r\n\r\nThis research aims to describe the validity, practicality and effectiveness of a\r\nlearning program using the PjBL-STEM integrated with the design thinking strategy\r\nto enhance students' creative problem-solving skills and numeracy literacy in the\r\ntopic of renewable energy. This type of developmental research refers to the\r\nADDIE model covering Analysis, Design, Development, Implementation, and\r\nEvaluation. The data analysis involves percentage analysis for validity and\r\npracticality scores, as well as statistical analysis for effectiveness. The results show\r\nthat the learning program with the PjBL-STEM integrated with the design thinking\r\nstrategy is valid for stimulating students' creative problem-solving skills and\r\nnumeracy literacy in the topic of renewable energy with a percentage of 92,0%\r\nconsidered as very valid criteria. The practicality of the learning program obtained\r\na percentage of 92,1% considered as very practical criteria, and the effectiveness\r\nobtained an N-Gain of 0,7 with moderate improvement criteria indicating its\r\neffectiveness. Based on the results, it can be concluded that: 1) The learning\r\nprogram using PjBL-STEM integrated with the design thinking strategy declared\r\nvalid, namely containing teaching modules whose content is composed of several\r\ncomponents as a part of learning planning to make teachers more focused in the\r\nlearning process and make the time more effective and efficient. Furthermore, there\r\nare teaching materials (e-LKPD and e-Handout) that meet the criteria as good\r\nteaching materials; 2) the practicality of the learning program with the PjBL-STEM\r\nintegrated the design thinking strategy categorized as very practical, so it can be\r\nused in high school physics learning, Phase E, class X odd semester on the topic of\r\nrenewable energy; and 3) the effectiveness of the learning program is categorized\r\nas moderate, because of that, the learning program with the PjBL-STEM integrated\r\n\r\nthe design thinking strategy stated to be able to stimulate students' creative problem-\r\nsolving skills and numeracy literacy in the topic of renewable energy.\r\n\r\nKeywords: Creative problem solving, design thinking, learning program,\r\nnumeracy literacy, PjBL-STEM."^^ . "2024-04-26" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "FADHIL RABBANI"^^ . "GHANI \t"^^ . "FADHIL RABBANI GHANI \t"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "2. ABSTRAK - GHANI FADHIL RABBANI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS TANPA PEMBAHASAN - GHANI FADHIL RABBANI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI\r\nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING\r\nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS\r\nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING\r\nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82500 \n\nPENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI \nTERBARUKAN DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING \nTERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENSTIMULUS \nKETERAMPILAN CREATIVE PROBLEM SOLVING \nDAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .