%0 Generic %A Evit, Dwi Pangastuti %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82511 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGETAHUAN GURU PAUD TERHADAP ALAT MUSIK GAMOLAN DI KECAMATAN SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/82511/ %X Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkah pengetahuan guru paud terhadap alat musik daerah lampung “gamolan”. Populasi penelitian seluruh guru PAUD yang ada Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah berjumlah 46 pendidik. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga di dapatkan 33 pendidik. Penelitian dilaksanakan semester ganjil 2023/2024. Jenis penelitian adalah deskriptip kuantitatif, yaitu penelitan untuk menggambarkan atau menjelaskan data kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Statistik deskriptif adalah cara untuk merangkum, mengorganisir, dan menggambarkan karakteristik dasar dari suatu kumpulan data. Indikator pengetahuan alat musik gamolan terdiri pengertian gamolan, sejarah gamolan, instrumen gamolan, nama bagian gamolan, dan cara memainkan gamolan. Hasil penelitian keseluruhan yang diperoleh yaitu sebagian besar guru PAUD kurang paham dengan alat musik daerah “gamolan” pada pembelajaran di PAUD, dengan persentase sangat paham 11,51%, paham sebanyak 09,70%, kurang paham sebanyak 44,85%, dan kategori tidak paham sebanyak 33,94%. Kata Kunci: PAUD, pengetahuan, gamolan The research objective is to determine the level of knowledge among early childhood education teachers regarding the traditional musical instrument of Lampung, known as "gamolan." The study population consists of all PAUD teachers in the Seputih Banyak Subdistrict, Central Lampung, totaling 46 educators. The sampling technique used is simple random sampling, determined by applying the Slovin formula, resulting in a sample size of 33 teachers. The research was conducted in the odd semester of the academic year 2023/2024. The research design is quantitative descriptive, aiming to depict or explain quantitative data using descriptive statistics. Descriptive statistics involve summarizing, organizing, and describing the fundamental characteristics of a dataset. The indicators for knowledge about the gamolan musical instrument include understanding the gamolan, its history, its instruments, the names of its parts, and how to play it. The overall research findings indicate that the majority of PAUD teachers have limited understanding of the traditional musical instrument "gamolan" in the context of PAUD learning. The breakdown shows that 11.51% have a very good understanding, 9.70% have a good understanding, 44.85% have a limited understanding, and 33.94% fall into the category of not understanding. Keyword: PAUD, knowledge, gamolan