@misc{eprints82521, month = {Januari}, title = {ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR TARI PIRING DUA BELAS PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2021}, author = {Kartika Putri Dinasti}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82521/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan tahun 2021 dalam mempelajari tari Piring Dua Belas pada mata kuliah Tari Lampung Saibatin. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar tari Piring Dua Belas, yang dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu kesulitan yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021 sebagai subjek yang berjumlah 44 mahasiswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif, yang bertujuan untuk menganalisis dan menyajikan data yang diperoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 50 butir pernyataan yang merujuk pada indikator kesulitan belajar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dengan melakukan perhitungan rerata (Mean) dan persentase (\%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar tari Piring Dua Belas pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021, memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,5 dan persentase sebesar 63\%. Aspek kesulitan belajar paling signifikan berasal dari faktor latar belakang kebudayaan dengan persentase sebesar 82\%, dan faktor alat pelajaran dengan persentase sebesar 81\% yang dikategorikan sangat tinggi. Kata kunci: faktor kesulitan belajar, mahasiswa, tari piring dua belas abstract The purpose of this study was to identify various factors that influence the learning difficulties of students of the Universitas Lampung Dance Education Study Program class of 2021 in learning Piring Dua Belas dance in the Lampung Saibatin Dance course. The object of this research is the difficulty of learning Piring Dua Belas dance, which is categorized into two groups, namely difficulties caused by internal factors and external factors. This study involved students of the Universitas Lampung Dance Education Study Program class of 2021 as subjects, totaling 44 students. This research applies a descriptive approach with quantitative methods, which aims to analyze and present the data obtained. Data collection was carried out by questionnaire and interview methods. The questionnaire consists of 50 statement items that refer to indicators of learning difficulties. The data collected was then analyzed using descriptive statistical techniques by calculating the average (Mean) and percentage (\%). The results showed that the difficulty of learning Piring Dua Belas dance for students of the Dance Education Study Program, Universitas Lampung class of 2021, obtained an average score of 2.5 and a percentage of 63\%. The most significant aspects of learning difficulties come from the cultural background factor with a percentage of 82\%, and the learning tool factor with a percentage of 81\% which is categorized as very high. Keywords: learning difficulties factors, students, piring dua belas dance} }