creators_name: Intan, Khasana creators_id: 2323022006 type: thesis datestamp: 2025-02-07 08:53:07 lastmod: 2025-02-07 08:53:07 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER DILENGKAPI SELF-DIAGNOSIS SHEET UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS ispublished: pub subjects: 370 subjects: 500 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik four-tier dilengkapi self-diagnosis sheet untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gerak lurus yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan fisika dan satu guru mata pelajaran fisika untuk menilai aspek konstruk, materi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen tes diagnostik four-tier dilengkapi self-diagnosis sheet memiliki hasil sebesar 92,3% dinyatakan sangat valid. Instrumen tes diagnostik four-tier dilengkapi self-diagnosis sheet untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik diujicobakan kepada 36 peserta didik dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.6.2. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 25 butir soal instrumen tes diagnostik four-tier dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen tes diagnostik four-tier pada materi gerak lurus dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,86 dengan kategori sangat bagus. Uji kepraktisan instrumen tes diagnostik four-tier dilengkapi self-diagnosis sheet pada materi gerak lurus ini memperoleh presentase rata-rata sebesar 96,5% dengan kategori sangat praktis. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier, Self-Diagnosis Sheet, Miskonsepsi, Gerak Lurus. date: 2025-01-24 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: Intan, Khasana (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER DILENGKAPI SELF-DIAGNOSIS SHEET UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG . document_url: http://digilib.unila.ac.id/82529/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82529/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82529/3/TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf