%A PRADANA KENNY CANDRA %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROJEK DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika berbasis projek dengan pendekatan STEM yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan dilaksanakan pada kelas VIII, semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, angket, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t-sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria validitas diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor 3,165 (valid) dan ahli media dengan skor 3,425 (sangat valid). Kriteria kepraktisan diperoleh dari penilaian respon siswa dengan skor 3,05 (praktis) dan respon guru dengan skor 3,47 (sangat praktis). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia interaktif berbasis projek dengan pendekatan STEM dan kelas kontrol yang tidak menggunakan multimedia tersebut. Uji proporsi menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik setelah diterapkan PjBL-STEM dengan menggunakan multimedia interaktif. Dengan demikian, multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika berbasis projek dengan pendekatan STEM valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. %D 2025 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints82604